RANGKUMAN SAP B.Inggris (SoftSkills)
Pertemuan 1
Perbedaan
Penggunaan Some dan Any, Much, Many, a lot of dan a few
1.
Some
Digunakan untuk kalimat
Positif/Affirmative/Pernyataan, Penawaran, permintaan, dan pertanyaan jika kamu
berharap pertanyaannya dijawab “Yes/ya”.
Example:
·
I
have some food to be eaten tomorrow.
·
He
bought some books at bookstore.
2.
Any
ANY artinya beberapa atau sedikit. Selain itu
dapat juga dipakai dalam kalimat yang artinya siapa saja atau kapan saja.
Digunakan untuk kalimat negatif atau pertanyaan.
example:
·
Have
you got any bananas? No, we haven’t got any. But we’ve got some oranges.
·
Do
you have any idea to solve this problem?
·
Do
you have any books ?
·
He
does not do any work
·
Any
man in the country,must work hard.
3.
Much
Much digunakan untuk benda-benda yang tak
dapat dihitung, dan untuk menghitungnya diperlukan suatu takaran/timbangan dan
ukuran tertentu. Patokan suatu benda tidak dapat dihitung adalah jika untuk
menghitungnya harus menggunakan alat bantu. seperti liter, rupiah, kilogram
dsb.
example:
·
Much
water
·
Much
sugar
·
You
took too much sugar in your tea, it’s not good for your health.
·
We
need much sand to build a big building.
4.
Many
Many digunakan untuk benda-benda yang bisa
dihitung (countable noun)
example:
·
Many
boys
·
Many
girls
·
Many
cats
·
How
many fruit you take from refrigerator?
·
Many
people asked me if I have got married or not.
5.
A
lot of
A lot of bisa digunakan baik untuk benda yang
bisa dihitung maupun yang tidak bisa dihitung. Artinya bisa digunakan untuk
mengganti posisi Many. Yang membedakan dengan Many dan Much adalah bahwa
kebiasaan penggunaannya. A lot of hanya biasa digunakan dalam kalimat positif.
example:
·
He
has a lot of money
·
There
is a lot of fruit on the table
·
We
have alot of spare time
·
I
have a lot of friends who always stand by me.
·
How
much money do you have? I have a lot of money.
6.
A
FEW
A FEW atau Little artinya SEDIKIT. A few untuk
kata benda yang dapat dihitung. Sedangkan a little untuk kata benda yang tidak
dapat dihitung jumlahnya.
example:
·
A
few children = sedikit anak-anak
·
A
few house = sedikit rumah-rumah
·
A
few cats = sedikit kucing-kucing
·
A
little coffee = sedikit kopi
·
A
little sugar = sedikit gula
·
A
little water = sedikit air
Pertemuan 2
Mahasiswa memahami penggunaan Articles dalam kalimat.
1.
Articles adalah kata sandang dan
digunakan pada kata benda (noun)
Contoh:
·
I
watched a movie last night.
|
Saya menonton
film tadi malam.
|
·
Look
at the man over there who wears a hat.
|
Lihatlah orang
yang disana yang memakai topi
|
·
I
read an amazing story.
|
Saya membaca
sebuah cerita yang luar biasa.
|
2. Definite
Article: The
DEFINIT article
digunakan untuk menunjukkan kata benda (Noun), baik dalam bentuk tunggal atau
jamak. definit article ini menunjukkan benda, orang, tempat atau ide atau
gagsan yang sudah jelas benda atua orangnya yang dimaksud. Missal palu merah
Contoh:
·
Please give me the
hammer. tolong berikan palu itu kepada
ku
·
Please give me the red
hammer; the blue one is too small. tolong berikan kepada ku palu merah itu,
palu yang biru terlalu kecil.
·
Please give me the nail.
tolong berikan kepada ku paku itu.
·
Please give me the hammer and the
nail. tolong berikan paku dan palu itu
kepada ku.
3.
Indefinite
Articles: A and An
Indefinite Articles digunakan ketika kita ingin
menunjukkan sesuatu yang belum jelas atau belum
ditentukan. Kita menggunakannya ketika kita tidak tahu (atau
tidak peduli) yang sedang kita berbicara .
Kita menggunakan
articles ” A” sebelum kata benda (Noun) atau kata sifat (adjectives)
yang kata itu diawali oleh huruf mati (konsonan) baik secara bentuk wujud huruf
mauapun secara pengucapan seperti ” U” dibaca “YU” dll.
Contoh:
·
A
cat : seekor kucing
·
A
dog : seekor anjing
·
A
university : sebuah universitas
·
A
young puppy : seekor Anak anjing muda
·
A
one-eyed pirate : seorang Bajak
laut yang bermata Satu
Kita menggunakan ”
AN” sebelum kata-kata yang dimulai dengan bunyi vokal atau bunyi H
Contoh:
·
An
egg : Sebutir telur
·
An
hour-glass : sebuah jam kaca
·
An
antique necklace : sebuah kalung yang antic
4. no article
berarti tidak ada article (a, an,
the) yang perlu untuk digunakan terhadap suatu noun (kata benda)
contoh:
·
Can you speak Japanese?
(Dapatkah kamu bicara bahasa Jepang?)
·
The children played football.
(Anak-anak itu bermain bola).
Pertemuan
3
Mahasiswa dapat memahami
penggunaan kalimat aktif dan pasif bentuk Present
1.
Kalimat aktif
kalimat yang
subject-nya berbuat sesuatau atau
melakukan suatu pekerjaan. kata kerjanya selalu berawalan “me-“
dan beberapa lagi memiliki awalan “ber-“.
Rumusnya:
S + Verb + O
Contoh:
·
Mursidin teacher
English (Mursidin mengajar bahasa inggris)
·
Okan is helping
Mrs. Rahayu (Okan sedang membantu bu Rahayu)
2.
Kalimat pasif
konstruksi
tatabahasa (secara khusus, specifically, a “voice”)
Rumus:
S + Auxiliary verb + O
Contoh:
·
English is taught by Mursidin (Bahasa inggris
diajarkan oleh Mursidin)
·
Mrs. Rahayu is being helped by Okan (Bu Rahayu sedang
dibantu oleh Okan)
Pertemuan 4
Mahasiswa dapat memahami penggunaan kalimat aktif dan pasif bentuk Past
Pertemuan 5
Mahasiswa lebih
memahami penggunaan Indefinite Pronoun (Some-, Any-, no-)
Indefinite
Pronouns dengan some digunakan untuk
menggambarkan jumlah yang tidak terbatas
Contoh:
-
Someone is
watching in my garage
-
Carly brought
something to jane
-
Kennedi is
looking for his book
Indefinite
Pronouns yang menggunakan no
digunakan dalam kalimat dengan arti negatif, tetapi Indefinite Pronouns bentuk
ini tidak menggunakan no.
Contoh:
-
She doesn’t have
anything to give.
Pertemuan 6
Mahasiswa memahami
perbedaan Have Something Done dan Causative Have
have
something done bisa diartikan sebagai segala sesuatu dimana orang lain yang
melakukan atau memberikan suatu pelayanan untuk kita.
Have
+ Object + Past participle.
Contoh:
·
I am going
to get my hair cut
·
We got the
house redecorated over the summer
Causative
have adalah sebuah susunan kalimat dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti
menyuruh, memintah, bahkan memaksa orang lain melakukan sesuatu
1. Causative have dalam kalimat aktif
Subject +
HAVE + Object 1 + Verb 1 + Object 2
Contoh:
I have my sister cook friend rice = Saya
menyuruh adik saya memasak nasi goring
2. Causative have dalam kalimat passive
Subject +
HAVE + Object 2 + Verb 3
Contoh:
I have friedd rice cooked = Saya minta nasi goreng dimasaka
I have friedd rice cooked = Saya minta nasi goreng dimasaka
pertemuan 7
Mahasiswa memahami penggunaan Determiner
determiner
itu adalah kata atau sekumpulan kata yang berfungsi untuk memperjelas (atau
membatasi) dari noun yang dimaksud, letaknya di depan noun tersebut
Contoh:
All children need attention
pertemuan 8
Mahasiswa mengetahui cara
membentuk Question Tag
Question
tag adalah pertanyaan singkat di akhir kalimat/pernyataan yang digunakan untuk
meminta persetujuan dari lawan bicara Anda atau mengonfirmasi benar tidaknya
pernyataan Anda tersebut. terdiri dari kata kerja bantu (auxiliary verb) dan subjek pronoun (I, you, she, he, it,
they, dan we)
1.
Jika
kalimatnya positif, maka question tag-nya negatif.
Contoh:
·
You
are beautiful, aren’t you? [Kamu cantik, kan?]
·
She
is serious, isn’t she? [Dia serius, bukan?]
2.
Jika
kalimatnya negatif, maka question tag-nya positif.
Contoh:
·
You
are not beautiful, are you? [Kamu tidak cantik, kan?]
·
She
is not serious, is she? [Dia tidak serius, bukan?]
pertemuan 9
Mahasiiswa
memahami penggunaan Third Conditional dalam kalimat
Conditional sentence adalah complex
sentence (kalimat majemuk) yang dibentuk dari subordinate
clause yang diawali dengan subordinate conjunction if berupa condition (syarat) dan main
clause berupa result/consequence (hasil)
contoh:
If you had remembered to invite me, I would
have attended your party.
(Jika kamu ingat mengundang saya, saya akan hadir di pestamu.)
(Jika kamu ingat mengundang saya, saya akan hadir di pestamu.)
pertemuan 10
kuis
pertemuan 11
Mahasiswa lebih
memahami penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bentuk Present
Kalimat langsung merupakan kalimat yang
dikutip dari perkataan seseorang tanpa merubah kata-kata
Contoh:
Budi says, "I go to school everyday"
(Budi berkata "saya pergi ke sekolah setiap hari")
kalimat tak langsung antara reporting sentence
dengan reported sentence dihubungkan dengan kata penghubung dan tidak
menggunakan tanda kutip
contoh:
Budi says that he goes to work everyday (Budi
berkata bahwa dia pergi ke sekolah setiap hari)
Pertemuan
12
memahami
penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bentuk Past
·
Present perfect diubah menjadi past
perfect
contoh :
K.langsung : Gogon will say "I have taken a bath"
K. tak langsung : Gogon will say that he has taken a bath
contoh :
K.langsung : Gogon will say "I have taken a bath"
K. tak langsung : Gogon will say that he has taken a bath
·
simple present diubah menjadi simple
past
contoh :
K.langsung : Gogon will say "I have taken a bath"
K. tak langsung : Gogon will say that he has taken a bath
contoh :
K.langsung : Gogon will say "I have taken a bath"
K. tak langsung : Gogon will say that he has taken a bath
pertemuan 13
memahami
penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bentuk Future dan
penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung bentuk Imperative
pertemuan 14
memahami
penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung dalam bentuk pertanyaan
menggunakan
kata Tanya : who , what , when , where
contoh:
·
Rendra said to Ani, “where are you going?”
Rendra said to Ani where she was going
·
He wanted to know,”how did you do this?”
He wanted to kow how I had done that
Komentar
Posting Komentar